Cara Manis untuk Membunuh Jutaan Orang Indonesia Secara Perlahan

Konten [Tampil]
Cara Manis untuk Membunuh Jutaan Orang Indonesia Secara Perlahan


 ABC- Digital Indonesia. Saya pernah bertengkar dengan seorang teman Belanda yang merendahkan Indonesia sebagai "bangsa orang bodoh." Saya sangat marah ketika dia mengatakan, "Tidak akan pernah ada pemenang Hadiah Nobel dari Indonesia, karena tingkat IQ orang-orang kalian sangat rendah." Jika saya bertemu dengannya di Indonesia dan bukan di luar negeri, saya mungkin akan memberinya pelajaran pahit.

Butuh bertahun-tahun sebelum saya menyadari bahwa dia tidak sepenuhnya salah, mengingat dia adalah seorang dokter. Dan alasannya bersifat ilmiah. Menurut Agus Pakpahan, direktur eksekutif Asosiasi Gula Indonesia (AGI), rata-rata kecerdasan orang Indonesia hanya 87 dan tinggi badan rata-rata hanya 158 sentimeter, karena konsumsi gula yang berlebihan, yang memicu penyakit degeneratif.

Setelah mengetahui pernyataan Pakpahan, yang baru-baru ini disampaikan di Tim Penilaian Senat Indonesia, yang dikenal sebagai "Tim 10," saya menekankan bahwa dia menunjukkan bukti ilmiah untuk membuktikan teorinya.

Pakpahan merujuk pada Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 30/2013 dan Keputusan Nomor 41/2014, yang menyatakan dengan sangat jelas bahwa tingkat konsumsi gula yang disetujui oleh kementerian untuk setiap warga negara hanya 27 gram per hari, jauh di bawah tingkat yang ditetapkan oleh tim ekonomi kabinet.

Para pembuat kebijakan tersebut adalah menteri pertanian, perdagangan, perindustrian, badan usaha milik negara, keuangan, dan sosial, yang bertemu setiap lima atau enam bulan dalam apa yang disebut Rakortas, atau rapat koordinasi terbatas, yang dipimpin oleh menteri koordinator ekonomi. Menteri kesehatan tidak termasuk dalam tim tersebut.

Untuk tahun ini, mereka telah menyetujui stok gula nasional sebesar 5,7 juta ton. Produksi gula domestik Indonesia tidak lebih dari 2,5 juta ton, jadi sekitar 3,5 juta ton harus diimpor, terutama dari Thailand, yang menjual 30 persen dari produksi gulanya ke kepulauan Indonesia.

Namun, menetapkan permintaan gula nasional sebesar 5,7 juta ton per tahun berarti mendorong warga untuk mengonsumsi rata-rata 62 gram gula per hari, sehingga berisiko terkena penyakit mematikan seperti yang disebutkan dalam keputusan menteri kesehatan.

Dua keputusan tersebut menjelaskan bahwa asupan gula harian per kapita sebesar 62 gram per hari merugikan kesehatan seseorang, karena jauh di atas tingkat aman sebesar 27 gram dan dapat meningkatkan risiko kanker, osteoporosis, penyakit jantung, diabetes, dan penyakit lainnya jika pola konsumsi tersebut berlangsung dalam jangka waktu lama.

Menurut International Osteoporosis Foundation, satu dari setiap empat wanita di Indonesia berusia 50-80 tahun memiliki risiko sangat tinggi terkena penyakit tulang ini, sementara prevalensinya pada populasi pria adalah 1:16.

Sementara itu, pada tahun 2013 hingga 8,5 juta orang Indonesia menderita diabetes. Pada tahun 2014 angkanya meningkat menjadi 9,1 juta dan pada tahun 2035 diperkirakan total 14,1 juta akan terkena penyakit ini, menurut Achmad Rudjianto, ketua Perkumpulan Endokrinologi Indonesia.

Prevalensi kanker di Indonesia adalah 1,4 untuk setiap 1.000 orang, artinya ada 18,2 juta penderita di seluruh negeri. Konsumsi gula yang berlebihan adalah salah satu faktor utama yang disalahkan atas hal ini.

Masyarakat tidak dididik untuk mengonsumsi gula secara proporsional, sesuai dengan standar kesehatan. Impor gula akan terus meningkat di tengah kapasitas produksi lokal yang menurun sementara para petani tebu berteriak keras tentang dampak perubahan iklim dan kurangnya perhatian pemerintah yang tragis terhadap kebutuhan peningkatan infrastruktur irigasi.

Akibatnya, biaya produksi petani jauh melebihi harga jual mereka dan di beberapa daerah seperti Lampung, di bagian selatan Sumatera, petani yang frustrasi telah menghancurkan atau meninggalkan perkebunan gula mereka dan menanam tanaman sekunder sebagai gantinya, menyebabkan kekurangan bahan baku lebih lanjut bagi pabrik gula milik negara untuk diproses.

Di Jawa Timur, cerita yang lebih tragis dilaporkan oleh Arum Sabil, ketua Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (Aptri). Mengeluh kepada tim penilaian Senat, ia mengungkapkan bahwa gula impor membanjiri Jawa Timur "karena itu adalah provinsi penghasil gula."

Sabil berpendapat bahwa pemerintah dengan sengaja mengizinkan baik importir maupun mafia untuk menghancurkan kapasitas produksi lokal dengan membanjiri provinsi tersebut dengan gula impor. Tetapi siapa para importir ini dan mengapa praktik yang tidak adil seperti itu tidak bisa dihentikan?

Indonesia mengenal tiga jenis gula, gula putih kristal, yang diproduksi secara lokal dari bahan baku yang disediakan oleh petani tebu, gula rafinasi yang dibuat dari gula mentah impor dan secara resmi ditujukan untuk industri makanan dan minuman, dan gula tambahan dari bahan baku selain tebu.

Gula putih kristal untuk keperluan rumah tangga. Ini diproduksi oleh 51 badan usaha milik negara dan beberapa perusahaan swasta lainnya. Ketika ada kekurangan pasar jenis gula ini, badan pengadaan negara Bulog membanjiri pasar dengan stoknya untuk menurunkan harga eceran.

Namun, mengingat fakta bahwa tidak ada pabrik milik negara yang dapat mengolah gula mentah, gula untuk industri makanan dan minuman harus diimpor dari luar negeri oleh 16 perusahaan swasta, yang dikenal secara populer dalam perdagangan gula lokal sebagai "11 naga" dan "lima samurai."

11 naga tersebut adalah perusahaan Angels Produk, Jawa Manis Rafinasi, Sentra Usahatama Jaya, Permata Dunia Sukses Usaha, Dharmapala Usaha Sukses, Sugar Labinta, Duta Sugar Internasional, Makasar Tene, Berkah Manis Makmur, Andalan/Fornendo, dan Medan Sugar Industri.

Lima samurai adalah Adikarya Gemilang, Kebun Tebu Mas, Industri Gula Nusantara, Gendhis Multi Manis, dan Pabrik Gula Gorontalo, menurut ketua Aptri.

Pemerintah sepenuhnya bergantung pada mereka untuk memproduksi gula rafinasi, mengumpulkan pajak dalam prosesnya, tetapi kehilangan otoritas dan kedaulatan atas produksinya dan dominasi pasar. Akibatnya, kelebihan pasokan gula rafinasi telah menyebabkan infiltrasi ke pasar domestik dalam bentuk terselubung untuk memenuhi kekurangan gula di beberapa daerah, dan tidak ada yang tahu harus berbuat apa, meskipun ini bertentangan dengan aturan.

Seseorang hanya bisa menunggu melihat jutaan orang Indonesia lainnya menjadi korban berbagai penyakit mematikan dalam beberapa dekade mendatang, kecuali keputusan menteri kesehatan diimplementasikan dengan setia.

Namun penerapan keputusan ini akan sangat mengikis pendapatan mafia gula. Hal ini memicu spekulasi bahwa mafia tersebut begitu kuat sehingga tidak ingin melihat menteri kesehatan dimasukkan dalam tim kabinet yang merumuskan kebijakan pasokan dan permintaan gula. Apakah benar begitu?

Menurut ekonom pertanian Nizwar Syafa'at, yang duduk di dewan AGI, kurangnya undang-undang komprehensif tentang perdagangan gula dari hulu ke hilir adalah penyebab praktik yang tidak adil yang terjadi sekarang.

Bahkan Bulog menggunakan fasilitas para naga dan samurai untuk mengolah gula mentah impor menjadi gula kristal rafinasi untuk distribusi.

Namun inilah cerita yang lebih besar: kurangnya kontrol pemerintah atas perdagangan gula telah memungkinkan para pencari rente mengumpulkan sejumlah besar uang di luar negeri. Peneliti Aptri telah melacak rekening bank rahasia di Singapura yang berisi Rp 65 miliar ($5 juta), yang dimiliki oleh bos pensiunan dari badan usaha milik negara Indonesia.

Uang ini, menurut Sabil, adalah uang suap dari perdagangan gula 100.000 ton di Indonesia. Dia mengatakan bahwa kantor Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengetahui hal ini sejak lama dan belum ada tindakan yang diambil sejauh ini.

Jadi, sementara impor gula terus berlanjut bersamaan dengan meningkatnya konsumsi domestik yang memicu penyakit mematikan, mafia-mafia berhasil mengecoh pemerintah yang tidak berdaya untuk mengumpulkan kekayaan bagi mereka sendiri. Begitu manis bisnis ini; begitu pahit konsekuensinya bagi jutaan orang di seluruh negeri.

Ditulis oleh: Pitan Daslani adalah seorang ahli urusan luar negeri di Senat Indonesia dan penyusun utama untuk Tim 10. Sebelumnya, ia adalah seorang jurnalis untuk Jakarta Post, Jakarta Globe, Radio Netherlands, Radio Deutsche Welle, dan Yomiuri Shimbun.

Di terjemahkan ulang dari https://jakartaglobe.id/opinion/commentary-sweet-way-slowly-kill-millions-indonesians - gambar oleh: katadata.co.id

Posting Komentar

Just right click to the picture and click "save as"

Lebih baru Lebih lama