MSI Spatium M580 FROZR: Si Tower SSD Super Cepat Bertenaga Mantap!

Konten [Tampil]

  Beberapa bulan lalu, kami melihat SSD MSI Spatium M570 Pro PCIe Gen 5 dan merasa terkesan. MSI Spatium M570 Pro dibuat berdasarkan kontroler E26 Phison , dilengkapi Micron NAND dan pendingin tipe menara monolitik yang menjaga pelambatan seminimal mungkin. Secara keseluruhan, kinerjanya sangat baik, tetapi masih ada ruang gerak untuk menyempurnakan dan mengoptimalkan lebih jauh.

MSI Spatium M580 FROZR

Ulasan Lengkap MSI Spatium M580 FROZR

MSI Spatium M580 FROZR yang lebih baru yang akan kami tunjukkan kepada Anda hari ini dibuat berdasarkan fondasi MSI yang telah terbukti, tetapi menggabungkan Micron NAND yang lebih cepat, untuk mendorong kecepatan transfer hingga di atas 14GB/dtk.

Spesifikasi dan Fitur SSD MSI Spatium M580 FROZR

MSI Spatium M580 FROZR

MSI saat ini menawarkan Spatium M580 FROZR dalam tiga kapasitas – 1TB, 2TB, dan 4TB, tetapi dua drive terbesarlah yang menawarkan kinerja terbaik. Model 1TB, meskipun masih relatif cepat, tidak sepenuhnya menyamai kemampuan sekuensial puncak model 2TB dan 4TB. Apa yang Anda lihat pada gambar di sini adalah model 2TB, tetapi semuanya tampak identik, berkat pendingin yang khas itu.

Seperti yang disebutkan, MSI Spatium M580 FROZR Pro dibangun di atas kontroler PCIe Gen 5 Phison E26, yang dipasangkan dengan memori flash NAND 232-layer Micron, dan beberapa Cache DRAM LPDDR4 (dengan kapasitas mulai dari 2GB hingga 8GB, tergantung pada ukuran drive).

Spesifikasi MSI mengklaim kecepatan baca dan tulis puncak untuk Spatium M580 FROZR 2TB masing-masing sebesar 14,6GB/s dan 12,7GB/s, yang menjadikan drive ini sebagai salah satu SSD kelas penggemar terbaik yang tersedia. Dan seperti SSD premium lain yang tersedia saat ini, MSI menawarkan garansi 5 tahun dan mendukung semua fitur canggih yang Anda harapkan, seperti TRIM, enkripsi, dll.

Di bawah semua logam itu adalah M.2 2280 gumstick umum. Tetapi mengingat drive berbasis Phison / Micron kelas atas ini dapat mengonsumsi lebih dari 11 watt di bawah beban, MSI memutuskan untuk memastikan termal, dan potensi pelambatan yang dapat terjadi sebagai akibat dari panas berlebih, tidak akan menjadi perhatian dengan Spatium M580 FROZR. Selama ada aliran udara di atas benda ini, M580 dapat berjalan dengan kecepatan tinggi untuk waktu yang lama.

Ulasan Lengkap MSI Spatium M580 FROZR


Ada tumpukan sirip aluminium berlapis nikel yang tinggi pada Spatium M580 FROZR, yang dihubungkan ke pelat panas oleh tiga pipa panas, yang terletak langsung di atas pengontrol Phison E26, cache NAND dan DRAM sisi atas. Sementara semua drive berbasis E26 kelas atas memerlukan semacam pendinginan, hanya sedikit yang sejauh MSI.

Meskipun membantu kinerja yang berkelanjutan, dan akan ideal untuk transfer file besar dan game yang memanfaatkan DirectStorage, ada beberapa kelemahan pendingin yang kuat itu. Tanpa jarak yang cukup di sekitar slot M.2, pendingin itu mungkin tidak muat di beberapa motherboard. Pendingin itu juga mengharuskan pelepasan pelat pemanas M.2 bergaya apa pun yang disertakan dengan sebagian besar motherboard penggemar yang tersedia saat ini. Pendingin itu jelas menambah biaya juga, dan menghalanginya untuk dipasang di PS5.

Tolok Ukur SSD SSD MSI Spatium M580 FROZR

Dalam setiap kondisi pengujian, SSD yang ditampilkan di sini dipasang sebagai volume sekunder di tempat pengujian kami, dengan drive terpisah yang digunakan untuk instalasi OS dan benchmark. 

Motherboard tempat pengujian kami diperbarui dengan BIOS terbaru yang tersedia pada saat publikasi dan Windows 11 diperbarui sepenuhnya. Windows Firewall, pembaruan otomatis, dan screen saver semuanya dinonaktifkan sebelum pengujian, dan Focus Assist diaktifkan untuk mencegah gangguan apa pun.

Dalam semua uji coba, kami melakukan boot ulang sistem, memastikan semua data suhu dan prefetch telah dihapus, dan menunggu beberapa menit hingga aktivitas drive stabil dan sistem mencapai status siaga sebelum menjalankan pengujian.

Semua drive di sini juga telah diperbarui ke firmware terbarunya saat berita ini ditulis. Jika berlaku, kami biasanya juga akan menggunakan driver NVMe milik produsen tertentu. Jika tidak tersedia, drive menggunakan driver Microsoft yang disertakan dengan Windows 11.

Sistem Uji Kami:


Prosesor :
Intel Core i9-13900K

Papan induk :
MSI Z790 Godlike

Kartu video :
GeForce RTX 3080

Memori :
32GB Micron DDR5-6000

Penyimpanan :
ADATA XPG GAMMIX S70 Blade (Drive OS)
ADATA XPG GAMMIX S70 (2TB)
Seagate FireCuda 540 (2TB)
ADATA Legend 970 (1TB)
Samsung SSD 990 Pro (2TB)
MSI Spatium M570 Pro (2TB)
MSI Spatium M580 FROZR (2TB)

Sistem Operasi :
Windows 11 Pro x64

Driver Chipset :
Intel v10.1.19284

Tolok Ukur :
IOMeter 1.1
HD Tune v5.75
ATTO v4.01.01f
AS SSD
SiSoftware SANDRA
CrystalDiskMark v8.0.4c x64
Final Fantasy XIV: Endwalker
PCMark 10 Storage Bench
Pengujian Penyimpanan 3DMark

Tolok Ukur IOMeter

IOMeter adalah tolok ukur standar industri yang sangat dihormati. Akan tetapi, meskipun hasil kami dengan penskalaan IOMeter sesuai harapan, masih bisa diperdebatkan apakah pola akses tertentu benar-benar memberikan contoh kinerja dunia nyata yang valid atau tidak. Misalnya, pola akses yang kami uji mungkin tidak mencerminkan beban kerja khusus Anda.

Meskipun demikian, kami menganggap IOMeter adalah pengukur yang andal untuk throughput, latensi, dan lebar pita relatif dengan solusi penyimpanan tertentu. Selain itu, ada beban kerja yang sangat berat tertentu yang dapat Anda tempatkan pada drive dengan IOMeter yang tidak dapat Anda lakukan dengan sebagian besar alat tolok ukur penyimpanan lainnya. 

Dalam tabel berikut, kami menunjukkan dua set pola akses; pola Workstation kustom, dengan ukuran transfer 8K, yang terdiri dari 80% pembacaan (20% penulisan) dan 80% akses acak (20% berurutan) dan pola akses 4K dengan ukuran transfer 4K, yang terdiri dari 67% pembacaan (33% penulisan) dan 100% akses acak. Kedalaman antrean dari 1 hingga 16 diuji.

Tolok Ukur Kompresi SSD AS

Berikutnya kami menjalankan Tolok Ukur Kompresi yang terpasang di AS SSD, tolok ukur khusus SSD yang dikembangkan oleh Alex Intelligent Software. Pengujian ini menarik karena menggunakan campuran data yang dapat dikompresi dan tidak dapat dikompresi serta menghasilkan keluaran Baca dan Tulis dari drive.

Kami hanya membuat grafik sebagian kecil data (1% dapat dikompresi, 50% dapat dikompresi, dan 100% dapat dikompresi), tetapi tren tersebut mewakili hasil lengkap tolok ukur.

Benchmark Penyimpanan Game 3DMark UL

UL baru-baru ini menambahkan tolok ukur penyimpanan yang berpusat pada game ke 3DMark yang memanfaatkan pengujian berbasis jejak dari game PC aktual dan aktivitas terkait game (seperti streaming dengan OBS) untuk mengukur performa game dunia nyata dalam berbagai skenario. 

Pengujian tersebut mencakup hal-hal seperti memuat Battlefield V, Call of Duty: Black Ops 4, dan Overwatch dari peluncuran awal ke menu utama, merekam video gameplay 1080p pada 60 FPS dengan OBS saat bermain Overwatch, menginstal The Outer Worlds, dan menyimpan progres game. Dan terakhir, menyalin folder Steam untuk Counter-Strike: Global Offensive dari satu drive ke drive lain.

Namun, MSI Spatium M580 FROZR tidak cocok untuk semua orang. Harga drive saat ini berada di kisaran premium karena komponennya yang berkinerja tinggi dan pendingin tipe tower yang disertakan. MSI Spatium M580 FROZR dibanderol dengan harga $329, yang sedikit lebih mahal daripada drive kelas atas lainnya seperti Crucial T705 dengan Heatsink, tetapi sekitar 10% – 20% lebih tinggi daripada drive NVMe Gen 5 dengan performa serupa yang tidak menyertakan heatsink.

MSI Spatium M580 FROZR: Si Tower SSD Super Cepat Bertenaga Mantap!

Menurut kami, harga premium tersebut sepadan jika MSI Spatium M580 FROZR cocok untuk sistem Anda dan Anda tidak ingin khawatir tentang kemungkinan pelambatan termal drive Anda.

Dengan mempertimbangkan hal itu, kami tidak ragu merekomendasikan MSI Spatium M580 FROZR kepada setiap penggemar PC, gamer, atau kreator konten yang mencari SSD Gen 5 kelas atas yang cepat. MSI Spatium M580 FROZR secara konsisten cepat dan andal dan merupakan salah satu solid state drive kelas penggemar terbaik yang saat ini ada di pasaran.

Posting Komentar

Just right click to the picture and click "save as"

Lebih baru Lebih lama